NTB Tuan Rumah Pelaksanaan OSN Tahun 2014

Jakarta, Kemdikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan melaksanakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2014, di Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 1 s.d. 7 September 2014. Penyelenggaraan OSN di maksudkan untuk mendapatkan putra dan putri terbaik bangsa Indonesia.
“Putra dan putri terbaik bangsa kelak akan mengharumkan dan mengangkat martabat bangsa Indonesia di dunia Internasional,” tutur Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Achmad Jazidie, saat wawancara (talk show) disalah satu stasiun tv swasta, di Jakarta, pada hari Rabu (27/08/2014).
Jazidie mengatakan, putra dan putri terbaik bangsa tidak hanya cerdas pengetahuannya, tetapi juga harus memiliki karakter yang baik. Pelaksanaan OSN ke-13, penilaian karakter akan dilihat dari ke disiplinan peserta. “Kita ingin menanamkan ke dalam diri peserta bahwa mereka yang berdisiplin bisa mendapatkan prestasi yang terbaik, khususnya di OSN,” ujarnya.
Selain penilaian karakter, ada juga penilaian pengetahuan melalui sembilan bidang yang diperlombakan. Sembilan bidang tersebut adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi, Kewirausahaan, dan Karya ilmiah.  “Pelaksanaan OSN diperkirakan akan hadir sekitar 2800 orang terdiri dari peserta didik, para pendamping, guru, dewan juri, panitia daerah, pusat,” ungkap Jazidie.
Jazidie terus berharap pelaksanaan OSN harus tetap berlangsung, karena prestasi – prestasi yang diraih dari penyelenggaraan OSN dari tahun ke tahun semakin meningkat. Meningkatnya prestasi yang diraih dalam OSN juga dapat  menjadi indikator meningkatnya mutu pendidikan secara keseluruhan. “Mutu soal yang di perlombakan dalam OSN hampir mendekati mutu internasional, hal tersebut menunjukan kemampuan para juara OSN dari tahun ke tahun semakin meningkat,” pungkas Jazidie.  
Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lini Masa OSN Tingkat SMP Tahun 2023

  Pedoman OSN SMP Tahun 2023 dapat dilihat dan diunduh disini !